Senin, 22 Juni 2015

Kembalikan Fungsi Perpustakaan

Oleh
Ani Dwi Yanti
(132094005)

Universitas Negeri Surabaya adalah salah satu universitas yang ada di Jawa Timur. Universitas Negeri Surabaya memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, serta Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sedangkan fakultas Bahasa dan Seni atau yang biasa disingkat FBS merupakan salah satu fakultas yang ada di kampus UNESA Lidah Wetan. Seperti namanya, FBS merupakan gabungan antara jurusan bahasa dan seni. FBS memiliki delapan jurusan, diantaranya ialah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Mandarin, Sendratasik, dan Seni Rupa Desain Grafis. Fasilitas yang dimiliki oleh FBS pun dari tahun ke tahun mengalami perbaikan, karena FBS ingin berbenah diri menjadi yang terbaik demi kanyamanan mahasiswanya. Dari bangunan gedung yang banyak mengalami renovasi, tempat parkir, taman, kantin, masjid, hingga kamar mandi umum.
Semuanya sedikit demi sedikit telah direnovasi dan kini hanya tinggal beberapa fasilitas yang tengah menunggu giliran renovasi.
Proyek renovasi yang menyapa fasilitas di FBS tentunya merupakan kabar baik bagi setiap warga fakultas. Tetapi, mari kita tengok bagaimana nasib ruang perpustakaan fakultas. Setiap lembaga pendidkan pasti menyediakan layanan perpustakaan di dalamnya. Baik itu ruangan dalam bentuk yang kecil ataupun luas dan megah. Perpustakaan yang di dalamnya berjajar rapi deretan buku-buku, baik itu buku pelajaran, buku cerita, ataupun artikel serta skripsi. Dari buku yang dapat dipinjam dan dibawa pulang ke rumah, sampai buku yang harus dilindungi dan tidak boleh dibawa pulang, misalnya saja skripsi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa perpustakaan merupakan tempat yang nyaman dan tenang untuk membaca atau mencari referensi. Untuk itu seringkali terdapat larangan jangan berisik dan tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam ruang perpustakaan.
Mari sejenak kita intip ruang perpustaakan FBS. Ruang perpustakaan FBS berada di gedung T11 lantai 2, dimana lantai 1 adalah kantin. Kantin yang tidak pernah sepi oleh pengunjung membuat suasana kantin selalu ramai, apalagi waktu jam makan siang. Mahasiswa berbondong-bondong mencari makanan dan minuman untuk mengisi perut mereka yang kelaparan atau hanya sekadar merokok dan berbincang-bincang dengan teman mereka. Tak jarang dosen-dosen pun mampir ke kantin untuk makan siang bersama rekan dosen yang lainnya. Melihat hal tersebut sudah dipastikan bagaimana riuhnya, ramainya kantin yang ada tepat di bawah ruang perpustakaan. Berjalan menuju ruang perpustakaan di lantai dua saja sudah sedikit membuat munculnya rasa enggan. Bagaimana tidak, kita harus berjalan menembus ramainya kantin dan menembus kepulan asap rokok. Sungguh suatu hal yang tidak mengenakkan.
Sesampainya di dalam ruang perpustakaan kita masih dapat mendengar sayup-sayup kebisingan dari kantin. Hal tersebut tentunya dapat membuat konsentrasi membaca kita buyar. Ada kebisingan dari luar, ada pula kebisingan dari dalam. Mayoritas pengunjung perpustakaan FBS selain mencari referensi skripsi ialah mempunyai maksud untuk mencetak dokumen atau memfotokopi dokumen. Sangat jarang kita melihat mahasiswa FBS rutin datang ke perpustakaan untuk membaca buku-buku referensi. Sehingga mereka yang datang untuk mencetak atau memfotokopi turut memberikan sumbangsih pada kebisingan yang ada di perpustakaan. Padahal telah nyata tertulis di depan pintu masuk bahwa pengunjung perpustakaan diharapkan untuk tidak berisik dan harus menjaga ketenangan yang ada di dalam perpustakaan.
Buku-buku referensi yang ada di perpustakaan tertata rapi dan telah digolongkan menurut jenisnya dan jurusannya sendiri. Akan tetapi masih ada saja buku yang terletak berserakan. Entah hal tersebut kesalahan dari mahasiswa yang setelah membaca lantas mengembalikan begitu saja, ataukah petugas perpustakaan yang lalai dalam pengelolaannya. Sehingga terkadang sangat sulit mencari buku referensi karena buku tersebut tidak ada di rak yang semestinya dan pergi entah kemana. Koleksi buku-buku referensi perpustakaan FBS pun terbilang masih kurang. Kita akan dengan mudah menemukan buku-buku referensi karya tahun 90’an, tetapi kita akan sangat kesulitan mencari varian buku-buku refensi terbaru. Buku referensi tahun 90’an terlihat sangat kusam dan tua, sampul buku pun telah banyak yang terkelupas. Kita hidup dijaman modern, dimana kemajuan berkembang secara pesat. Sehingga yang dibutuhkan mahasiswa adalah koleksi buku-buku referensi baru yang sejalan dengan masa kini dan yang telah mengalami perubahan. Tidaklah mungkin kita mencari referensi akan teori A, sedangkan yang ada di perpustakaan adalah buku referensi dengan teori Z. Sangatlah ketinggalan jaman. Janganlah sampai hal ini menjadi alasan utama bagi mahasiswa untuk malas datang ke perpustakaan FBS.
Meja baca yang ada dirasa telah menempati tempat yang strategis, dimana meja baca tersebut berada di tengah-tengah ruangan. Namun, yang sangat disayangkan lagi terkadang ada beberapa mahasiswa yang datang ke perpustakaan untuk berbincang-bincang dengan temannya dan membuat kebisingan tersendiri. Kesadaran yang ada dalam diri mahasiswa sangatlah kurang. Memang membaca merupakan budaya yang masih minim di Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk saling menghormati antara sesama pengunjung dan membiasakan diri menaati peraturan yang telah ditulis dan jelas-jelas telah terpampang.
Hal tersebut sangat berbeda jauh dengan kondisi perpustakaan yang ada di tetangga FBS, yaitu FIP atau Fakultas Ilmu Pengetahuan. Letak perpustakaan yang jauh dari sumber kebisingan, ruangan yang nyaman dan sejuk, koleksi buku-buku referensi yang selalu up to date dan tertata rapi, serta ketenangan yang selalu terjaga. Menjadikan betah untuk berlama-lama membaca atau sekadar mencari bahan referensi di sana. Perpustakaan dirasa menjadi hal yang sangat diperhatikan di FIP. Karena gedung perpustakaan tersebut terbilang masih baru, sehingga dapat dibilang ruangan perpustakaan tersebut telah mengalami pemugaran.
Semoga proyek renovasi yang ada di FBS juga datang menghampiri ke ruang perpustakaan. Sehingga ruang perpustakaan dapat disulap menjadi sedemikian rupa bagi kenyamanan para pengunjungnya. Menempatkan perpustakaan ke tempat yang lebih strategis dan jauh dari pusat kebisingan, menambah luas ruangan, menambah koleksi buku-buku referensi, serta peningkatan kesadaran bagi para pengunjungnya. Semoga hal tersebut kelak membuat mahasiswa FBS menjadi rajin mengunjungi perpustakaan dan menjadikan membaca adalah kegiatan yang membudaya di FBS. Bukan hanya berkumpul dan berbincang-bincang tanpa tujuan dengan teman saja. Dengan demikian semoga fungsi perpustakaan dapat kembali sebagaimana mestinya. Dimana perpustakaan menjadi wadah bagi sumber pengetahuan dan menjadi tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. 

1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus